COVIG-19

Darurat Corona Virus Disease

Gak Mau Ketularan Virus Corona? Simak Tips-tips Berikut

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia merilis pernyataan pers terkait penyebaran virus corona (Covid-19). Dalam pernyataan pers yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (5/3/2020), PB IDI memberikan imbauan agar terhindar dari virus tersebut.

Secara umum terdapat empat imbauan:

Pertama, melakukan dan meningkatkan gaya hidup sehat, yakni:

  1. Menjaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata serta setelah memegang instalasi publik dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80%.
  2. Hindari mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.
  3. Menerapkan etika batuk ketika batuk.
  4. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gangguan saluran napas.
  5. Istirahat bila sedang sakit
  6. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal tiga kali sehari dan makan makanan bergizi

Kedua, hindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran napas. Kemudian, jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di negara-negara yang telah ada transmisi lokal Covid-19, terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan.

Setelah kembali dari negara-negara yang telah ada transmisi lokal Covid-19, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam, gangguan saluran pernapasan atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan. Jangan lupa memakai masker untuk mencegah penularan.

Ketiga, masker wajib digunakan bagi orang yang sakit. Penggunaan masker tidak dianjurkan pada orang yang sehat serta tidak dianjurkan untuk membeli masker secara berlebihan.

Keempat, menganjurkan kepada masyarakat yang sedang sakit infeksi saluran pernapasan untuk tidak bepergian keluar rumah.

Alamat Kami

Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus