Pendidikan bertujuan mengembangkan kemampuan yang menyangkut perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan disamping membentuk karakter serta peradaban masyarakat yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, disamping menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan harapan tersebut di atas perlu dilakukan sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan yang benar-benar memiliki kemampuan dengan melibatkan pengelolaan yang cukup professional serta dilakukan monitoring secara berkelanjutan dan berkesinambungan, hal ini hanya bisa dilakukan oleh guru yang benar-benar memiliki koptensi, baik professional, pedagogik, sosial maupun keperibadian sebagai ujung tombak.
Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh supervise pengawas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kenerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan teknik analisis data dengan menggunakan korelasi dan regresi linear sederhana sebaik statistik korelasi dan perkalian regresi linear. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian korelasi yang terdiri dari tiga variable bebas yaitu supervise pengawas, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dan terdiri satu variable terikat yaitu kinerja guru.
Sesi sidang ke dua kepada promovendus Supramono dengan judul disertasinya "Pengaruh Budaya Organisasi, Kepribadian dan Motivasi Terhadap Organizational Commitment Guru” yang didampingi Promotor /Ko-Promptor Prof.Dr.Ing.H. Soewarto Hardhienata dan Dr.Widodo Sunaryo, S.Pd. MBA Dihadapan penguji Supramono dengan tujuan penelitian ini dilakukan melalui studi Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif pada madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor.
Peningkatan mutu pendidikan harus ditunjang adanya sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas pokok dn fungsional guru mempunyai posisi strategis dalam proses belajar mengajar siswa mutu proses dan hasil belajar pada akhirnya ditentukan pada mutu tenaga pendidik.
Kualitas merupakan faktor penentu bagi mutu hasil belajar dan hasil pendidik pada umumnya sesuai dengan tujuan lembaga pendidikan yang tercantum pada visi dan misinya. Commitment dari para guru merupakan faktor yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi sekolah. Comitment terhadap organisasi dapat tercermin dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dalam melaksanakan program organisasi.
Tujuan penelitian ini baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Variabel budaya organisasi, kepribadian dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan organization commitment sebagai variable terikat. Ada 92 orang guru pegawai negeri sipil yang dipilih secara random sampling dari 2 sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor.
Ketua ujian sidang terbuka program Doktor Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pakuan Dr.H. Bibin Rubini bersama Promotor/Ko-Promotor dan Penguji mengucapkan selamat dan bahagia kepada promovendus Dr. Jaja Sudardjat dan Dr. Supramono.