Tim PKM Sekolah Pascasarjana Gelar Pelatihan Pengembangan Multimedia Pembelajaran
UNPAK — Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan bekerjasama dengan MGMP IPA Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan pelatihan “Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA” pada hari Kamis, 1 Juli 2021.
Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan workshop penyusunan RPP dan Asesmen Literasi Sains (Kamis, 17 Juni 2021). Kegiatan dilaksanakan secara daring karena semakin meningkatnya jumlah orang yang terkena Covid-19.
Bertindak sebagai opening speech adalah Abdul Aziz Rachman, M.Pd (Ketua MGMP IPA Kab. Sukabumi). Dalam sambutannya, Abdul Azis menyampaikan tentang tantangan keterampilan abad 21. Guru harus kreatif agar siswa berminat mengikuti pembelajaran dan memiliki kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), karena saat ini kemampuan siswa masih Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan minat belajar IPA rendah.
Salah satu pembelajaran yang telah dilakukan adalah Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Digital Learning Tools dengan tahapan:
penyajian masalah
pengumpulan data verifikasi
pengumpulan data eksperimentas
mengorganisasikan dan memformulasikan penjelasan, dan
menganalisis proses inkuiri
Adapun digital tools dapat digunakan untuk:
penyajian masalah melalui edpuzzle/ youtube
mengajukan pertanyaan melaluli sli.do
interaksi di kelas online melalui: edmodo, google class room, schology
konsultasi rancangan penelitian melalui google meet, zoom, microsoft team, webex
merancang penelitian home base praktikum; dan
presentasi melalui office online
Kegiatan dihadiri oleh Ketua Tim PKM: Prof. Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M.Si dan semua peserta pelatihan sebanyak 30 orang.
Narasumber kegiatan Mohammad Iqbal Suriansyah, M.Pd (Tim PKM) menyampaikan materi dengan topik “Pembelajaran menggunakan Multimedia Kreatif”.
Multimedia banyak digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Hal ini disebabkan multimedia mudah digunakan, mudah dimengerti, pengalaman yang mendalam, interaksi yang lebih baik karena cenderung visual, lebih hemat biayanya, dan lebih menyenangkan, Multimedia yang dilatihkan adalah Articulate Storyline, Canva, dan editing vidio dengan VN.
Articulate storyline dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan muatan yang merupakan gabungan dari teks, gambar, suara, grafik, vidio, dan animasi.
Canva merupakan desain grafis yang memudahkan penggunanya untuk mendesain berbagai jenis desain kreatif secara online. Seperti mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dengan berbagai versi, web, iPhone, dan Android.
Adapun VN merupakan cara untuk mengedit vidio agar sesuai yang diinginkan. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam membuat multimedia pembelajaran, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan praktek yang dibantu oleh Amalia Sabrina dan Cynthia Sitorus.
Output dari kegiatan pelatihan adalah multimedia pembelajaran hasil kreativitas guru yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah.