Seminar Hasil Lesson Study dari Program Hibah Lesson Study Batch V 2014-2015
Pelaksanaan seminar ini diwakilkan oleh Drs.Oding Sunardi, M.Pd,. Selaku Wakil Rektor I Bidang Pendidikan. Beliau mengatakan Lesson Study sesuai dengan landasan Universitas Pakuan berkiprah dalam dunia pendidikan yakni Silih Asih, Silih Asah dan Silih Asuh untuk membentuk kemandirian anak didik, belajar secara bersama-sama untuk meningkatan ilmu pengetahuan secara nyata dan merefleksikan lebih jeli terhadap anak didik.
Dalam kegiatan ini beberapa lingkup Prodi memberikan presentasinya, yaitu :
1. Lingkup Prodi Bahasa Inggris - Tim dosen: Andi Maulana, Ayi Siti Murniati, Gusnadi, Tina Priyantin - Mempresentasikan “Kemampuan mahasiswa dalam mendapatkan informasi dari teks lisan melalui teknik note-taking berbasis Lesson Study pada mata kuliah foundation of listening” sehingga diketahui latar belakang Mahasiswa yang cenderung mengalami kesulitan dalam memahami dan mendapatkan informasi dari native speaker.
2. Lingkup Prodi Biologi - Tim dosen: Drs.Eka Suhardi,M.Si, Lufty Hari Susanto,M.Pd, M.Taufik Awaludin,M.Pd, Nicho Nurdebyandaru,M.Si, Dr.Surti Kurniasih,M.Si Suci Siti Latifah Muniarti,Aip dan M.Irpan - Mempersentasikan:
“Meningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Interaktif Melalui Pendekatan Berbasis Lesson Study” sehingga di dapat kesimpulan Aktifitas mahasiswa dalam merancang media pembelajaran interaktif dengan pendekatan lesson study.
“Profil Keterampilan Psikomotor dan Pengetahuan Prosedural Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Kegiatan Praktikum Fotosintesis Berbasis Lesson Study” dengan kesimpulan Kegiatan Praktikum berbasis Lesson Study sangat efektif, rata-rata keterampilan psikomotor mahasiswa termasuk kategori baik.
3. Lingkup Prodi Bahasa dan Sastra - Tim dosen: Drs. Tri mahayani,M.Pd Sandi Budiana,S.Pd, M.Pd, Yolanda Ariani Septian, M.Pd, Roy Efendi, S.Pd. - Mempresentasikan “Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Implementasi Lesson Study” sehingga di dapatkan peningkatan motivasi belajar pada setiap siklus diikuti oleh peningkatan hasil belajar mahasiswa.
4. Lingkup Prodi Pendidikan Sekolah Dasar - Tim Dosen : Lina Novita, M.Pd - Mempresentasikan “Peningkatan Aktivitas Koloboratif Pada Mata Kuliah Seni Budaya dan Keterampilan dengan Menerapkan Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Lesson Study” dengan kesimpulan bahwa kolaborasi mahasiswa dalam kerja kelompok tidak hanya berjalan dua arah tetapi banyak arah, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan memberi dampak terhadap peningkatan aktivitas kolaborasi mahasiswa dalam kerja kelompok.