Workshop: Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Berbasis Literasi Sains: Kompetensi Guru IPA Abad 21 dan New Normal
UNPAK – Program Studi Pendidikan IPA bekerjasama dengan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengadakan kegiatan Workshop Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Berbasis Literasi Sains: Kompetensi Guru IPA Abad 21 dan New Normal pada tanggal 10-12 November 2020 bertempat di Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan. Peserta kegiatan terdiri atas 30 orang guru-guru IPA SMP di Negeri dan Swasta di Kota Bogor.
Kegiatan workshop dibuka pada hari Selasa, 10 November 2020 oleh Ketua PPII: Prof. Dr. Anna Permanasari, M.SI. Acasa pembukaan dihadiri juga oleh Rektor Universitas Pakuan: Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd, Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan: Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata, dan Ketua Program Studi Pendidikan IPA: Prof. Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M,Si.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan workshop adalah (1) memberikan pemahaman tentang TPACK dan Literasi Sains, serta (2) mengembangkan kemampuan Guru IPA dalam merancang RPP dengan mengintegrasikan pengetahuan pedagogic, content materi, dan teknologi dalam pembelajaran IPA berbasis literasi sains.
Tujuan tersebut dapat tercapai melalui serangkaian kegiatan sebagai berikut:
Kebijakan tentang target capaian literasi sains dalam PISA pada tahun 2025 sebesar 500;
Technological Pedagogical Content Knowledge;
Literasi Sains;
Pembelajaran IPA daring melalui pengembangan bahan ajar elektronik;
Pengembangan RPP IPA berbasis Literasi Sains dengan mengintegrasikan TPACK; dan